Senin, 21 Maret 2016

Lingkunganku Bersih dan Sehat

Ini adalah hanya sedikit dari aktivitas pembelajaran kelas 1 Tema Lingkunganku bersih dan sehat pada pertemuan sub tema lingkungan sekolahku. Dalam pembelajaran ini digabung mulai dari pembelajaran 1 hingga pembelajaran 6 yang dituntaskan dalam satu hari tanpa mengabaikan indikator, tujuan pembelajaran dan kompetensi yang sudah ditentukan. Diawal pertemuan,  guru membuka kelas dengan menceritakan short story tentang si tupai yang sangat teratur yang ada relasinya dengan bagaimana siswa menyikapi jika lingkungan sekolah atau dimana mereka berada sedang tidak bersih da kotor. 
Setelah itu, guru mengajak mereka keluar dari ruangan kelas dan mengamati apa saja yang mereka lihat di sekitar sekolah dan menyebutkan apa saja yang mereka amati. Usai menyebutkan apa saja yang mereka amati, guru bertanya dengan keadaan sekitar apakah bersih dan teratur. Apabila mereka mengatakan kotor dan tidak teratur maka guru bertanya kembali tindakan apa yang harus mereka lakukan. Saat itu, halaman sekolah sedang tidak begitu bersih dan ada beberapa sampah, sehingga mereka memungut sampah hingga bersih. Barang tentu tangan mereka kotor akibat memegang sampah. Namun pertanyaan guru kembali muncul apakah tangan mereka bersih atau kotor. Guru menjelaskan tangan yang kotor memiliki kuman yang tidak bisa dilihat secara langsung/ kasat mata. Guru menganjurkan anak-anak untuk mencuci tangan. Mencuci tangan adalah salah satu kegiatan merawat tubuh. Setelah selesai mencuci tangan anak-anak kembali masuk ke ruangan kelas untuk melanjutkan pembelajaran. Guru menanyakan perasaan mereka setelah melakukan kegiatan itu. Membersikan lingkungan juga merupakan sikap kepedulian kita atau dalam hal ini adalah anak-anak terhadap lingkungan sekitar agar kita bersih dan sehat. Mereka juga belajar bertanggungjawab atas lingkungan sekitar. Dengan memiliki lingkungan yang bersih maka akan jauh dari penyakit. Maka bersyukurlah pada Tuhan saat kita masih sehat ketika lingkungan kita kurang bersih sekalipun bersih dan rapi seperti kompetensi inti dalam pembelajaran ini.
Salah satu siswi sedang memungut dedaunan yang sudah masak yang bertaburan di halaman sekolah. Ini adalah aktualisasi tanggungjawab dan kepedulian mereka terhadap lingkungan.
Siswa-siswi mebuang sampah pada tempat yang sudah disediakan. Anak-anak ditanamkan kesadaran agar membuang sampah ke tempatnya dan tidak membuang sampah di sembarangan tempat.
Antusiasme anak-anak saat membersihkan lingkungan sekolah.
Para siswa sedang kerja bakti membersihkan halaman sekolah.
Para siswa sedang bekerja bakti saat membersihkan pekarangan sekolah.
Ice breaker dalam pembelajaran.
Sesi menonton video tentang lingkungan bersih, hidup bersih dan sehat.
Sesi menonton tentang menjaga lingkungan agar tetap bersih dan rapi.
Dalam pembelajaran ini juga mereka belajar bagaimana cara merawat tubuh agar tetap sehat, seperti merawat tubuh, makan makanan bergizi, olah raga yang cukup.
Dan masih banyak aktivitas lainnya seperti belajar menjumlahkan dengan menggunakan penjumlahan dan pengurangan bersusun ke bawah dalam Matematika. Mereka juga belajar menyusun kalimat yang tidak tersusun menjadi kalimat sempurna. Dan masih banyak lagi. Semoga bermanfaat.



Siswa membuat poster tentang anjuran untuk menjaga kebersihan lingkungan sekitar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar