SILABUS TEMATIK
KELAS I
Satuan
Pendidikan : SDK Harapan Bangsa Balikpapan-Kalimantan Timur
Kelas : I (Satu)
Kompetensi Inti :
KI
1
|
:
|
Menerima dan menjalankan ajaran
agama yang dianutnya
|
KI
2
|
:
|
Memiliki perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman, dan guru
|
KI
3
|
:
|
Memahami pengetahuan faktual
dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
|
KI
4
|
:
|
Menyajikan pengetahuan faktual
dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak beriman dan berakhlak mulia
|
Mata Pelajaran
|
Kompetensi
Dasar
|
Tema
|
Pendekatan
Pembelajaran
|
Pendekatan
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber
Belajar
|
TEMA 4
|
||||||
Pendidikan Pancasila dan Kewargaanega-raan
|
2.1 Menunjukkan
perilaku jujur disiplin, tanggungjawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru sebagai perwujudan nilai
dan moral pancasila
2.2 Menunjukkan perilaku patuh
pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
dan di sekolah
2.3 Menunjukkan perilaku
kebersamaan dalam keberagaman di rumah dan sekolah
3.2 Mengenal tata tertib dan
aturan yg berlaku dalam kehidupan sehari-hari dan sekolah
3.4 Memahami arti bersatu
dalam keberagaman di rumah dan sekolah
4.2 Melaksanakan tata tertib di
rumah dan di sekolah
4.3 Mengamati dan
menceriterakan kebersamaan dalam keberagaman di rumah dan sekolah
|
Keluargaku
|
§
Memahami
anggota-anggota dalam keluarga
§
Menulis nama-nama
anggota keluarga
·
Menceritakan
kembali tentang keluarga
·
Membuat pra
karya hiasan nama
·
Memilih
gambar makanan sehat dengan tepat
·
Diskusi
tentang makanan sehat dengan tepat
§
Menceritakan
tentang kegemaran dalam keluarga
·
Menuliskan
cerita dari gambar yang telah diurutkan
·
Mengenal nama-nama hari dalam seminggu
·
Membuat
cerita dengan menggunakan kalimat penunjuk arah
·
Berdiskusi
tentang kegiatan keluarga yang dilakukan di siang dan malam hari
·
Membandingkan ukuran besar dan kecil benda dengan
tepat
·
Mengurutkan benda berdasarkan ukurannya dengan
tepat
·
Menjumlahkan dua bilangan dengan tepat
·
Melakukan bermacam-macam gerakan olahraga kaki
·
Memahami fungsi alat-alat
gambar dalam membuat prakarya
·
Membuat gambar bebas dengan menggunakan alat
gambar.
·
Melakukan gerakan melompat tali
·
Menghubungkan titik-titik pada gambar dan
mewarnainya dengan rapi.
·
Menirukan gerakan hewan
·
Menyebutkan bagian-bagian tubuh dan fungsinya
dengan benar
·
Menggambar peta
perjalanan
·
Mengamati keadaan sekitar
lingkungan
·
Menyanyikan lagu selamat
ulang tahun sambil bertepuk tangan
·
Membuat kartu undangan ulang tahun sendiri.
·
Membaca teks tentang keluarga dengan pemahaman
yang benar
·
Menghubungkan teks bacaan dengan gambar yang
sesuai
·
Menghitung bilangan dengan memperhatikan nilai
puluhan dan satuan
·
Menuliskan bilangan sesuai dengan nilai puluhan
dan satuan
·
Menuliskan lambang bilangan yang sesuai dengan
gambar dalam sebuah table
·
Menuliskan bentuk panjang dari sebuah bilangan
·
Menunjukkan sikap menghargai pada perayaan
keluarga
·
Mengamati teks bacaan tentang kunjungan keluarga
·
Membaca teks tentang sikap berjalan yang benar
·
Mencocokkan gambar dengan warna yang sesuai
·
Melakukan kegiatan perlombaan berjalan dengan
menggunakan balon
·
Melakukan penjumlahan dengan cara bersusun
panjang
·
Mengamati cerita tentang kerja bakti
·
Mengamati dan mencocokkan gambar alat kebersihan
yang sesuai dengan gambar kegiatan kebersihan
·
Menirukan guru membaca bacaan tentang berkunjung
·
Menjawab pertanyaan sesuai isi teks lagu
·
Menerapkan permohonan maaf pada peristiwa
tertentu
·
Menghitung bilangan dengan memperhatikan nilai
puluhan dan satuan
·
Melakukan penjumlahan dengan cara bersusun
panjang
·
Menyanyikan lagu lihat kebunku
·
Melakukan gerakan
melompat dengan setinggi – tingginya
·
Mempraktikkan gerakan melompat tinggi dengan
berbaris rapi bergiliran
·
Membaca teks bacaan tentang aturan didalam rumah
·
Menyalin kalimat
·
Memperagakan percakapan tentang kunjungan
·
Mengidentifikasi sikap yang mematuhi aturan dan
yang tidak mematuhi aturan
·
Mengidentifikasi benda – benda dengan permukaan
yang sesuai dengan bidang datar
·
Mengidentifikasi nama – nama bidang datar
·
Menggambar bangun datar.
·
Membaca teks bacaan tentang aturan di sekolah
·
Mengidentifikasi gambar yang menunjukkan sikap
mematuhi aturan di sekolah
·
Menceritakan
kembali tentang pengalaman Nina di sekolah
·
Menceritakan kembali tentang aturan di sekolah
·
Mengidentifikasi diagram keluarga
·
Mencocokkan diagram keluarga
·
Membaca diagram keluarga
·
Membuat diagram keluarga sendiri
·
Menyalin kalimat
·
Membuat diagram keluarga
sendiri
·
Melakukan pengurangan dengan memperhatikan nilai
puluhan dan satuan
·
Melakukan pengurangan dengan cara bersusun
panjang
·
Menunjukkan sikap menghargai dalam aktifitas
dikelas
·
|
·
Observasi
·
Unjuk kerja
·
Hasil karya
|
5 x 35 JP
|
·
Buku Tematik Kelas I
·
Buku referensi,
majalah dan koran bekas, internet
·
Peta
·
Teks lagu anak-anak
·
Peralatan olahraga
·
Alat peraga: Kartu
angka, tubuh,
·
Bahan-bahan membuat
prakarya (karton berwarna, gunting)
·
Benda – benda di
kelas
·
Tongkat kayu
·
Lingkungan rumah
·
Data Keluarga
|
Bahasa
Indonesia
|
2.3 Memiliki perilaku santun dan sikap kasih
sayang melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
2.5
Memiliki perilaku santun jujur
dalam hal kegiatan dan bermain di lingkungan bahasa Indonesia dan/atau bahasa
daerah.
3.2 Mengenal
teks petunjuk/arahan tentang perawatan tubuh serta pemeliharaan kesehatan dan
kebugaran tubuh dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan
tulis yang dapat diisi dengan kosa kata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
3.4 Mengenal teks cerita diri/personal tentang keberadaan keluarga
dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulisan yang
dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.5 Mengenal teks diagram/label tentang anggota
keluarga dan kerabat dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia
lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu
pemahaman
4.4
Menyampaikan teks cerita diri/personal tentang keluarga secara mandiri
dalam bahasa Indonesia lisan dan tulisan yang dapat diisi dengan kosakata
bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
|
|||||
Matematika
|
2.1 Menunjukkan
perilaku patuh pada aturan dalam melakukan penjumlahan dan pengurangan sesuai
prosedur/ aturan dengan memperhatikan nilai tempat puluhan dan satuan
3.1 Mengenal bilangan asli sampai 99 dengan
menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat
bermain.
3.2
Mengenal bangun datar dan bangun ruang menggunakan benda-benda yang
ada di sekitar rumah
sekolah, atau tempat bermain
3.4 Membandingkan
dengan memperkirakan berat suatu
menggunakan istilah
sehari-hari (lebih berat, lebih ringan)
3.11
Menentukan urutan berdasarkan tinggi rendahnya tinggi badan dan urutan
kelompok berdasarkan jumlah anggotanya
3.5. Membandingkan
benda dengan memperkirakan panjang suatu benda menggunakan istilah
sehari-hari (lebih panjang, lebih pendek)
3.9 Mengenal
panjang, luas, massa, kapasitas, waktu, dan suhu
4.1 Mengemukakan kembali dengan kalimat
sendiri dan memecahkan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan
pengurangan terkait dengan aktifitas sehari-hari di rumah, sekolah, atau
tempat bermain serta memeriksa kebenarannya
4.3 Menyatakan suatu bilangan asli sebagai hasil
penjumlahan atau pengurangan dua buah bilangan asli lainnya dengan berbagai
kemungkinan jawaban
4.8 Mengurai sebuah bilangan asli sampai dengan
99 sebagai hasil penjumlahan atau pengurangan dua buah bilangan asli lainnya
dengan berbagai kemungkinan.
|
|||||
Seni Budaya
dan Prakarya
|
2.1 Menunjukkan
rasa percaya diri untuk berlatih mengekspresikan diri dalam mengolah karya
seni
3.1 Mengenal
cara dan hasil gambar ekspresi
3.4 Mengamati bahan, alat serta fungsinya dalam
membuat
4.1 Menggambar ekspresi dengan mengolah garis,
warna dan bentuk berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar
4.2 Membuat karya seni ekspresi
dengan memanfaatkan berbagai teknik cetak sederhana menggunakan bahan alam
4.3 Menggambar
dengan memanfaatkan beragam media kering
4.5 Menyanyikan
lagu anak-anak dan memperagakan tepuk birama dengan gerak
4.7 Menyanyikan lagu anak-anak dan berlatih
memahami isi lagu
4.9 Melakukan gerakan kepala, tangan, kaki,
dan badan berdasarkan pengamatan alam di lingkungan sekitar
4.13
Membuat karya kreatif dengan menggunakan bahan alam di lingkungan
sekitar melalui kegiatan melipat, menggunting, dan menempel
|
|||||
Pendidikan
Jasmani, Olah Raga dan Kesehatan
|
2.4 Menunjukkan kemauan bekerjasama dalam
melakukan berbagai aktivitas fisik
3.1 Mengetahui bagian-bagian tubuh manusia dan
kegunaannya
4.1 Mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor
yang dilandasi konsep gerak (seperti konsep :
tubuh, ruang, hubungan, dan usaha) dalam berbagai bentuk permainan
sederhana dan tradisional
4.3 Mempraktikkan pola gerak
dasar manipulatif yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan
sederhana dan atau permainan tradisional
4.4 Mempraktikan aktivitas jasmani
untuk keseimbangan dan kelincahan tubuh melalui permainan sederhana
4.6 Mempraktikkan pola gerak
dasar senam sederhana menggunakan pola gerak lokomotor dan non-lokomotor yang
dilandasi konsep gerak mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan alat musik.
|
·
|
Coki Gultom, S.Pd |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar