Minggu, 03 April 2016

Silabus Tematik 1D



SILABUS TEMATIK KELAS I

Satuan Pendidikan         :   SDK Harapan Bangsa Balikpapan-Kalimantan Timur

Kelas                           :  I (Satu)

Kompetensi Inti             : 
KI 1
:
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2
:
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
KI 3
:
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
KI 4
:
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

Mata Pelajaran
Kompetensi Dasar
Tema
Pendekatan Pembelajaran
Pendekatan Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
TEMA 4
Pendidikan Pancasila dan Kewargaanega-raan
2.1 Menunjukkan perilaku jujur disiplin, tanggungjawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru sebagai perwujudan nilai dan moral pancasila
2.2  Menunjukkan perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah
2.3  Menunjukkan perilaku kebersamaan dalam keberagaman di rumah dan sekolah
3.2  Mengenal tata tertib dan aturan yg berlaku dalam kehidupan sehari-hari dan sekolah
3.4     Memahami arti bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah
4.2  Melaksanakan tata tertib di rumah dan di sekolah
4.3  Mengamati dan menceriterakan kebersamaan dalam keberagaman di rumah dan sekolah
Keluargaku
§  Memahami anggota-anggota dalam keluarga
§  Menulis nama-nama anggota keluarga
·         Menceritakan kembali tentang keluarga
·         Membuat pra karya hiasan nama
·         Memilih gambar makanan sehat dengan tepat
·         Diskusi tentang makanan sehat dengan tepat
§  Menceritakan tentang kegemaran dalam keluarga
·         Menuliskan cerita dari gambar yang telah diurutkan
·         Mengenal nama-nama hari dalam seminggu
·         Membuat cerita dengan menggunakan kalimat penunjuk arah
·         Berdiskusi tentang kegiatan keluarga yang dilakukan di siang dan malam hari
·         Membandingkan ukuran besar dan kecil benda dengan tepat
·         Mengurutkan benda berdasarkan ukurannya dengan tepat
·         Menjumlahkan dua bilangan dengan tepat
·         Melakukan bermacam-macam gerakan olahraga kaki
·         Memahami fungsi alat-alat gambar dalam membuat prakarya
·         Membuat gambar bebas dengan menggunakan alat gambar.
·         Melakukan gerakan melompat tali
·         Menghubungkan titik-titik pada gambar dan mewarnainya dengan rapi.
·         Menirukan gerakan hewan
·         Menyebutkan bagian-bagian tubuh dan fungsinya dengan benar
·         Menggambar peta perjalanan
·         Mengamati keadaan sekitar lingkungan
·         Menyanyikan lagu selamat ulang tahun sambil bertepuk tangan
·         Membuat kartu undangan ulang tahun sendiri.
·         Membaca teks tentang keluarga dengan pemahaman yang benar
·         Menghubungkan teks bacaan dengan gambar yang sesuai
·         Menghitung bilangan dengan memperhatikan nilai puluhan dan satuan
·         Menuliskan bilangan sesuai dengan nilai puluhan dan satuan
·         Menuliskan lambang bilangan yang sesuai dengan gambar dalam sebuah table
·         Menuliskan bentuk panjang dari sebuah bilangan
·         Menunjukkan sikap menghargai pada perayaan keluarga
·         Mengamati teks bacaan tentang kunjungan keluarga
·         Membaca teks tentang sikap berjalan yang benar
·         Mencocokkan gambar dengan warna yang sesuai
·         Melakukan kegiatan perlombaan berjalan dengan menggunakan balon
·         Melakukan penjumlahan dengan cara bersusun panjang
·         Mengamati cerita tentang kerja bakti
·         Mengamati dan mencocokkan gambar alat kebersihan yang sesuai dengan gambar kegiatan kebersihan
·         Menirukan guru membaca bacaan tentang berkunjung
·         Menjawab pertanyaan sesuai isi teks lagu
·         Menerapkan permohonan maaf pada peristiwa tertentu
·         Menghitung bilangan dengan memperhatikan nilai puluhan dan satuan
·         Melakukan penjumlahan dengan cara bersusun panjang
·         Menyanyikan lagu lihat kebunku
·         Melakukan gerakan melompat dengan setinggi – tingginya
·         Mempraktikkan gerakan melompat tinggi dengan berbaris rapi bergiliran
·         Membaca teks bacaan tentang aturan didalam rumah
·         Menyalin kalimat
·         Memperagakan percakapan tentang kunjungan
·         Mengidentifikasi sikap yang mematuhi aturan dan yang tidak mematuhi aturan
·         Mengidentifikasi benda – benda dengan permukaan yang sesuai dengan bidang datar
·         Mengidentifikasi nama – nama bidang datar
·         Menggambar bangun datar.
·         Membaca teks bacaan tentang aturan di sekolah
·         Mengidentifikasi gambar yang menunjukkan sikap mematuhi aturan di sekolah      
·         Menceritakan  kembali tentang pengalaman Nina di sekolah
·         Menceritakan kembali tentang aturan di sekolah
·         Mengidentifikasi diagram keluarga
·         Mencocokkan diagram keluarga
·         Membaca diagram keluarga
·         Membuat diagram keluarga sendiri
·         Menyalin kalimat
·         Membuat diagram keluarga sendiri
·         Melakukan pengurangan dengan memperhatikan nilai puluhan dan satuan
·         Melakukan pengurangan dengan cara bersusun panjang
·         Menunjukkan sikap menghargai dalam aktifitas dikelas
·          











·      Observasi
·      Unjuk kerja
·      Hasil karya

5 x 35 JP
·     Buku Tematik Kelas I
·     Buku referensi, majalah dan koran bekas, internet
·     Peta
·     Teks lagu anak-anak
·     Peralatan olahraga
·     Alat peraga: Kartu angka, tubuh,
·     Bahan-bahan membuat prakarya (karton berwarna, gunting)
·     Benda – benda di kelas
·     Tongkat kayu
·     Lingkungan rumah
·     Data Keluarga
Bahasa Indonesia
2.3     Memiliki perilaku santun dan sikap kasih sayang melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau  bahasa daerah
2.5      Memiliki perilaku santun  jujur dalam hal kegiatan dan bermain di lingkungan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.2 Mengenal teks petunjuk/arahan tentang perawatan tubuh serta pemeliharaan kesehatan dan kebugaran tubuh dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosa kata bahasa daerah untuk membantu pemahaman

3.4 Mengenal teks cerita diri/personal tentang keberadaan keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulisan yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.5  Mengenal teks diagram/label tentang anggota keluarga dan kerabat dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.4  Menyampaikan teks cerita diri/personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulisan yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.

Matematika
2.1 Menunjukkan perilaku patuh pada aturan dalam melakukan penjumlahan dan pengurangan sesuai prosedur/ aturan dengan memperhatikan nilai tempat puluhan dan satuan
3.1  Mengenal bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain.
3.2       Mengenal bangun datar dan bangun ruang menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah
           sekolah, atau tempat bermain
3.4       Membandingkan dengan memperkirakan berat suatu  menggunakan                   istilah
sehari-hari (lebih berat, lebih ringan)
3.11 Menentukan urutan berdasarkan tinggi rendahnya tinggi badan dan urutan kelompok berdasarkan jumlah anggotanya
3.5. Membandingkan benda dengan memperkirakan panjang suatu benda menggunakan istilah sehari-hari (lebih panjang, lebih pendek)
3.9  Mengenal panjang, luas, massa, kapasitas, waktu, dan suhu
4.1  Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri dan memecahkan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan terkait dengan aktifitas sehari-hari di rumah, sekolah, atau tempat bermain serta memeriksa kebenarannya
4.3  Menyatakan suatu bilangan asli sebagai hasil penjumlahan atau pengurangan dua buah bilangan asli lainnya dengan berbagai kemungkinan jawaban
4.8  Mengurai sebuah bilangan asli sampai dengan 99 sebagai hasil penjumlahan atau pengurangan dua buah bilangan asli lainnya dengan berbagai kemungkinan.
Seni Budaya dan Prakarya
2.1  Menunjukkan rasa percaya diri untuk berlatih mengekspresikan diri dalam mengolah karya seni
3.1  Mengenal cara dan hasil gambar ekspresi
3.4  Mengamati bahan, alat serta fungsinya dalam membuat
4.1  Menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna dan bentuk berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar

4.2  Membuat karya seni ekspresi dengan memanfaatkan berbagai teknik cetak sederhana menggunakan bahan alam

4.3  Menggambar dengan memanfaatkan beragam media kering
4.5  Menyanyikan lagu anak-anak dan memperagakan tepuk birama dengan gerak
4.7     Menyanyikan lagu anak-anak dan berlatih memahami isi lagu
4.9    Melakukan gerakan kepala, tangan, kaki, dan badan berdasarkan pengamatan alam di lingkungan sekitar
4.13           Membuat karya kreatif dengan menggunakan bahan alam di lingkungan sekitar melalui kegiatan melipat, menggunting, dan menempel

Pendidikan Jasmani, Olah Raga dan Kesehatan




























































2.4  Menunjukkan kemauan bekerjasama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik
3.1  Mengetahui bagian-bagian tubuh manusia dan kegunaannya

4.1   Mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak (seperti konsep :  tubuh, ruang, hubungan, dan usaha) dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan tradisional

4.3   Mempraktikkan pola gerak dasar manipulatif yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional

4.4  Mempraktikan aktivitas jasmani untuk keseimbangan dan kelincahan tubuh melalui permainan sederhana

4.6  Mempraktikkan pola gerak dasar senam sederhana menggunakan pola gerak lokomotor dan non-lokomotor yang dilandasi konsep gerak mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan alat musik.


·      

Coki Gultom, S.Pd

Tidak ada komentar:

Posting Komentar